Kamis, 30 April 2009

pagupon

2 komentar:

  1. KEJENIUSAN DAN ILLAHIBagikan
    Sab pukul 14:03 | Sunting Catatan | Hapus
    Spiritualitas seorang seniman berkisar di sekitar hubungan antara perasaan sang seniman terhadap sifat Illahi dan kejeniusan seniman itu sendiri. Jadi,panggilan ke arah pekerjaan bernilai seni adalah panggilan untuk membina perasaan kita sendiri terhadap Illahi,menjadi intim dengan kejeniusan kita sendiri,dan menyelidiki hubungan antara kita sendiri.
    Seniman tidak biasa mengambil tanggung jawab penuh atas pekerjaan yang diilhami,namun menghargainya sebagai karunia Illahi.Theolog kontemporer Matthew Fox menulis," Kita seluruhnya merupakan bagian dari karya yang lebih besar...."pengertian inilah yg dipegang seniman,pengertian tentang berpartisipasi dengan Illahi dalam tarian yang menciptakan kreasi.Ini terserah pada kita untuk menentukan atau mengalaminya bagi diri kita sendiri.
    Seniman juga dibebani tanggung jawab untuk menghormati kejeniusan pribadinya.Saya menggunakan istilah jenius bukan dalam arti modern mengenai daya pikir yang brilian,talenta,atau karakteristik kepribadian. Saya menggunakan dalam artian yang lebih tradisional tentang roh yang hadir di setiap jiwa dan membentuk karunia setiap orang.Kejeniusan adalah karunia jika dilihat dari dua cara;ini merupakan karunia Illahi bagi setiap orang dan karunia dari setiap orang untuk berkreasi.M.C.Richard,seniman memandang dirinya sebagai"Penabur benih" dan menguraikan benih-benihnya-berbagai ide,puisi,lukisan keramik,buku,ungkapan jiwanya,sebagai karunia Nya.
    Coomaraswamy menulis" Tak ada orang... yang bisa menjai jenius:tetapi semua orang mempunyai kejeniusan,untuk dipatuhi atau tidak dipatuhi saat mereka sendiri dalam bahaya".
    Saya yakin bahwa kejeniusan saya sendiri terletak dalam"Penciptaan kejelasan" yang berarti memeriksa hal-hal yang tidak asing lagi,tetapi belum kita pahami dengan baik,saya mengembangkan ide saya,teori-teori,mengajar menulis,melukis,ini adalah upaya-upaya talenta,yang melalui ini kejeniusan saya memanifestasikan diri.
    Kesadaran yang memusatkan dari pekerjaan bernilai seni akan membiyarkan kita mengawal roh dan jiwa,emosi dan imajinasi kedalam organisasi kita,dan untuk membuat lompatan atau kwantum antara aspek yng sukar dipahami dan aspekyang lebih duniawi dari pekerjaan kita,hal ini akan mendorong kita untuk mengalami makna yang lebih dalam dari upaya kita dan mengenali karunia kita yang unik,dan ini merupakan komitmen kita iangkah panjang yang sejati terhadap tujuan hidup,organisasi dan aspirasi mulia.(Artful work)

    BalasHapus
  2. KHASANAH TERSEMBUNYI (HADITS YANG DI PUISIKAN OLEH JAMI)

    Dawud berkata kepada Tuhan yang menampakkan diri
    "Wahai Engkau yang tidak miskin dan tak membutuhkan,
    Apa hikmahnya menciptakan seluruh makhluk?
    Inilah rahasia yang tak mampu dipahami makhluk manapun."
    Dia berkata, "Aku adalah khasanah,penuh dengan permata,tersembunyi dari pandangan ahli permata.
    " Kulihat dalam diri-Ku semua permata itu tanpa diperantarai oleh manifestasi apapun.
    " Keinginan mengambil semua permata tersembunyi itu menunjukkannya di luar esensi-Ku sendiri.
    "Agar di luar tempat rahasia ini sifat-sifatnya bisa di bedakan.
    "Dengan begitu,semuanya menentukan jalan menuju eksistensi,
    Semuanya menyadari diri sendiri dan yang lainnya.
    " Aku ciptakan beberapa ahli permata,agar mereka mengungkapkan permata-permata itu
    "Dan menempatkan permata keindahan,yang menyibukkan bazar cinta
    "Dengan mereka akan menghiasi wajah-wajah yang cantik dan meningkatkan kecintaan para pecinta."
    Nama-nama yang tersembunyi dalam esensi,bisa dilihat hanya melalui manifestasi segala sesuatu.
    Nama-nama itu mempunyai keindahan tersembunyi,tapi semuanya itu diam dalam tatanan kemungkinan.
    Dengan pandangan mata yang tersingkapkan, keindahan tersembunyi itu menjadi tampak dalam berbagai tempat manifestasi kemungkinan,
    Setiap keindahan dan kesempurnaan yang menjanjikn bertebaran diseluruh penjuru kosmos---
    Perhatikan seberkas sinar kesempurnaan dan keindahan itu,tataran berbeda dari yang tak terbedakan.
    Lihat,misalnya,sifat pengetahuan,dengan mengungkapkan dirinya pada posisi ulama;
    Ini adalah pengetahuan Allah yang telah muncul ke permukaan tapi dalam tataran keterbatasan.

    " Aku adalah Khasanah Tersembunyi.Karena itu.Aku ingin diketahui"
    Aku adalah Khasanah yang Tersembunyi di balik tirai kegaiban,yang tersembunyi di dalam Bukan Tempat.Aku ingin keindahan dan ke agungan,Ku diketahui melalui hijab-hijab eksistensi.
    Aku ingin agar setiap orang melihat macam Air kehidupan dan Kebahagiaan apa Aku ini"

    BalasHapus